Belajar Greenfoot Part #5 Membuat Object Musuh




Halo sahabat FK! ~ Kembali lagi dengan tutorial greenfoot. Ditutorial sebelumnya saya sudah memberikan tutorial membuat object coin. Sobat pasti merasa bosan karna permainan hanya mengambil coin saja, sekarang sobat akan mencoba membuat monster / musuh yang lebih greget lagi :D. Dengan adanya object musuh pasti permainan akan lebih menantang lagi dan pastinya lebih seru.
kodingannya sama seperti tutorial sebelumnya yaitu membuat object coin dan disini hanya ada tambahan sedikit saja. Fungsinya jika musuh menyentuh player maka, player akan mati dan game over. Diturorial kali ini ada sedikit sentuhan desain layout menggunakan photoshop :D.

Baiklah langsung saja sobat, sekarang kita buka aplikasi Greenfootnya. (Bagi sobat yang baru kenal dengan greenfoot silahkan kesini)


Baiklah kita buka lanjutan project kemarin, sekarang  kita tambahkan object baru untuk membuat musuh. Klik kanan pada actor kemudian klik 'New subclass'



Berinama monster1 dan pilih gambar object terserah sobat, kalau saya memilih lebah sebagai monsternya :D , kemudian klik 'Ok' kalau sudah. 


Sekarang coba sobat masukan monsternya ke world , klik kanan pada actor Monster1 kemudian klik 'new monster1()' dan letakan monsternya ke world/map. eitss tunggu dulu lebah ini belum memiliki perintah, kalau sobat play dia tidak akan bergerak. Dan sekarang kita coba masukan kodingannya.


{} GREEN FOOT 
public void act() 
      move(5);
    { 
       if(isAtEdge()) {
          turn(10);
       }
          

    }

Untuk memasukan scriptnya sobat pasti sudah tau bukan? klik kanan pada actor class 'monster1' dan klik 'Open editor' sekarang coba sobat ikuti script diatas untuk move dan turn sobat bisa rubah angkanya, move untuk kecepatan objectnya. jika sudah sobat ikuti , selanjutnya klik compile atau tekan CTRL + K secara bersamaan dan automatis script sudah tersimpan. Dan jika ada kesalahan atau eror coba perhatikan lagi ya



Jika sudah dicompile maka akan muncul pesan dibawah 'Class compiled - no syntax errors'
itu baru kodingan untuk bergeraknya saja sobat, selanjutnya kita tambahkan script agar saat player tersentuh monster1 maka si player akan mati

{} GREEN FOOT 
public void act() 
      move(5);
    { 
       if(isAtEdge()) {
          turn(10);
       }
       if(isTouching(player.class)) {
           removeTouching(player.class);
       }


    }

kodingannya sama seperti tutorial sebelumnya. Coba sobat tambahkan lagi script tersebut. sedikit penjelasan jika monster menyentuh player(player.class) maka player akan hilang atau mati. Script diatas masih didalam public void act() ya sobat. Jika sudah sekarang kita compile.


Dan setelah dicompile, selanjutnya kita coba play dan taraa! berhasil saat monster menyentuh player, maka player dimakan oleh si lebah :D biar lebih asik lagi sekarang kita buat Game overnya. Jadi jika Player sudah mati maka permainan akan selesai atau game over.


Sobat bisa buat tampilan game over di software editor seperti sotoshop, atau mungkin jika sobat tidak bisa membuatnya, sobat bisa mencarinya digugle atau save gambar game over diatas. Pertama sobat siapkan gambar game overnya dan pindahkan ke folder game sobat lokasi folder game sobat/images/..disini , paste gambarnya di folder images.
Jika sudah sekarang kita kembali ke Greenfoot :D



Saatnya kita buat world baru, klik kanan pada World , kemudian klik 'new subclass' dan akan muncul subclass seperti gambar diatas. Sobat berinama world dengan gameover dan kemudian klik 'import form file' 


sobat pilih background gambar yang ingin dimasukan, kemudian klik select, dan ukurannya jangan terlalu kecil yak sobat minim 600x400. Jika sobat ingin merubah resolusi worldnya bisa dengan klik kanan pada world yang ingin dirubah resolusinya kemudian klik 'open editor'
jika sobat menemukan script 
super(600, 400, 1); 
        prepare();

ganti ukuran 600, dan 400 sesuai yang sobat inginkan tapi jangan terlalu besar juga, contoh 850, 600 (800 > width 600 > height) 



tampilannya akan seperti gambar diatas, resolusinya 850 x 600 lumayan besar, sekarang coba sobat masuk ke world game over dengan cara klik kanan pada world game over dan klik 'new gameover()'
maka otomatis akan masuk keworld game over. Sekarang kita kembali ke world pertama.
kita akan memasukan script baru di class monster1. Jadi jika pemain mati maka pemain akan memasuki world game over. Berikut adalah kodingannya

{} GREEN FOOT 
public void act() 
      move(5);
    { 
       if(isAtEdge()) {
          turn(10);
       }
       if(isTouching(player.class)) {
           removeTouching(player.class);
           Greenfoot.setWorld(new gameover();
       }


    }

Sobat hanya menambahkan script dibawah removeTouching(player.class); . Greenfoot.setWorld(new gameover(); memiliki fungsi, jadi setWorld adalah dimana pemain akan dipindahkan ke world gameover yang sobat buat. jika sudah selanjutnya sobat klik compile dan coba play di world pertama. Dan jika berhasil selamat ~ dan jika ada yang eror coba sobat perhatikan lagi scriptnya ada yang kurang atau tidak :D

Baiklah sobat FK , tutorial sampai sini dulu. Jangan lupa sobat share keteman - teman sobat. Berbagi itu indah bukan? :D tunggu tutorial berikutnya ~




Previous
Next Post »