Belajar HTML Part 5# Cara membuat HyperLink


Cara membuat Link - Hay guys, sekarang ane bakal memberi lanjutan untuk tutorial  HTML. Jika pada bagian sebelumnya adalah cara untuk memasukkan gambar pada teks HTML, maka sekarang kita akan belajar memasukkan link atau hyperlink pada teks HTML. Ini masih termasuk dalam dasar-dasar HTML, jadi sobat dapat memahaminya dengan mudah :).

     Apasih Link itu ? :/

    Link adalah sebuah teks acuan dalam suatu halaman atau dokumen yang saat teks itu diklik, maka kita akan tertuju pada halaman atau dokumen lain yang ditujukan oleh link itu. Contohnya sangat sederhana, jika kalian sedang membuka sebuah browser dan mengetikkan "Cara membuat Link di HTML" lalu saat kalian menemukan hasil di browser itu dengan judul "Belajar HTML Part 5# Cara Membuat HyperLink" dan saat kalian men-klik hasil itu, maka kalian akan tertuju pada halaman ini. Nah itulah salah satu contoh HyperLink.

    Lalu Bagaimana Cara Membuat Hyper Link di HTML ?

   Cara membuat link di HTML sangatlah mudah, karena tag dan atribut yang dipakai sangatlah singkat dan mudah dipahami.
   Tag dan atribut yang dipakai adalah sebagai berikut :

   <a></a> : Untuk tag dan penutup tagnya
   href : adalah atribut yang dipakai

Untuk membuat sebuah HyperLink, liat contoh dibawah ini :


 <html>
 <head>
<head>
   <title>Cara membuat HyperLink</title>
</head>
<body>
    <p>Saya akan membuat sebuah HyperLink</p>
 <a href="Link.html">Ini adalah sebuah Link</a>
   <p>Link diatas akan menuju ke halaman html lain jika diklik</p>
 </body>
 </html>

Contohnya seperti diatas, silakan copy-paste contoh HTML diatas kedalam text editor yang sobat pakai, entah itu Notepad++ maupun SubLime Text, atau Quoda Editor untuk pengguna Android. Jangan lupa untuk kata "Link.html" kalian ubah sesuai nama dokumen atau halaman yang kalian ingin tujukan, ini juga berlaku untuk menujukan gambar lohh.

Contoh sebuah Link : Klik Contoh Ini

   Ingat sobat untuk penulisan linknya harus sesuai dengan nama file halaman yang akan dituju, soalnya kalo beda nanti akan tampil seperti yang dibawah ini :






Seperti itulah tampilannya jika penulisan halaman yang ditujunya salah, tapi wajarlah, namanya manusia pasti ada yang namanya kesalahan :). Yups sekian tutorial dari ane, cukup sekian terimakasih. Jangan lupa untuk lihat tutorial yang lain yaa :D

Previous Tutorial : Belajar HTML Part 4# Cara Memasukan Gambar
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Harzah
AUTHOR
December 6, 2016 at 10:53 PM delete

bisa gan ! thanks gan , sangat bermanfaat ^_

Reply
avatar